SANGKAL PUTUNG

Senin, 24 Maret 20140 komentar


Perkembangan ilmu kedokteran khususnya di Indonesia semakin pesat. Banyak kasus pasien dapat diatasi dengan baik. Hal ini cukup membanggakan bangsa.
Tetapi kemodernan tersebut tidak lepas dari sejarahnya waktu masih tradisional. Khusus masalah tulang.  Tulang patah misalnya.  Jika dalam ilmu kedokteran modern maka kemungkinan besar perlakuannya adalah  operasi, pasang pen, dan digif. Jika sudah dinyatakan nyambung dan sembuh, maka operasi lagi ambil pen.
Tidak jauh beda jika kasus patah tulang ditangani secara tradisional, yang lebih terkenal dengan istilah “sangkal putung”.  Dalam dunia sangkal putung, mereka berprinsip bahwa jika tulang yang patah sudah disambungkan kembali maka dengan sendirinya lambat laun tulang tersebut akan nyambung kembali.  Hanya saja ada beberapa perbedaan antara operasi modern dengan sangkal putung yaitu :
  1. Jika di kedokteran ada operasi, maka di sangkal putung tidak ada operasi.
  2. Di sangkal putung tradisional kebanyakan tidak ada bius. Jadi pasien mulai dari awal dibetulkan tulangnya tetap merasakan sakit.
  3. Jika di kedokteran modern setelah operasi dipasang pen dan gif, maka di sangkal putung tidak ada pen, hanya dipasang papan kayu sesuai ukuran dan diikatkan pada bagian yang sakit (dipres kayu), jika yang sakit tangan dan kaki. Jika badan yang sakit, maka dipasang “bengkung”.
  4. Perawatan di sangkal putung tiap hari dipijit/diurut untuk membetulkan sambungan tulang dan memperlancar aliran darah. Ada juga obat kimia tetapi terserah si pasien.
  5. Biaya di sangkal putung jauh lebih murah daripada pengobatan modern.  

Hub;ABDI HOLISTIC MEDIKA
(ABDULLAH HASAN / TITIK S.)
Alamat: Jln Gapura gendola - GEMELAR Raguklampitan RT 04/01 Batealit jepara
Telpon: 089667853366/085225846736

RUTE DARI JEPARA: Dari perempatan ngabul cemoro cilik ambil arah kiri (arah ngasem) lurus sampai mendapat gerdu abang (tugu merah tengah jalan) ambil kanan sampai dapat pertigaan poskampling dengan plang MI MIFTAHUL HUDA Masuk gang lurus pinggir kali sampai,..
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abdi Holistik Medika - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger